RPP 1 Lembar PAI Kelas XII dengan Materi Berpikir Kritis dan Bersikap Demokratis yang diterapkan pada pembelajaran Era Covid 19
1. Tujuan Pembelajaran
- Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll) peserta didik diharapkan membaca al-Qur’an sebagai pengamalan serta meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
- Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll), peserta didik diharapkan bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran (3): 190-191 dan 159, serta Hadis terkait.
- Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll), peserta didik dapat menyimpulkan makharijul huruf, makna , isi kandungan , manfaat berpikir kritis dan cara berperilaku berpikir kritis dan demokratis sesuai Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis terkait
- Setelah menyiapkan Materi, peserta didik akan Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf dengan percaya diri
2. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru memotivasi peserta didik untuk semangat untuk belajar
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
- Guru menyampaikan materi yang akan dijelaskan
Inti
Pertemuan 1
- Peserta didik menyimak materi tajwid dan bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
- Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami tentang hukum bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
- Guru menunjuk beberapa Peserta didik untuk menyimpulkan hukum bacaan serta membaca kembali Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf
- Selanjutnya guru menugaskan peserta didik untuk membaca bacaan salah satu Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf melalui (zoom,WA,GC, dll) kemudian hasilnya di kirimkan ke Aplikasi (zoom,WA,GC, dll), .
Pertemuan 2 dan 3
- Peserta didik mencermati materi makna , isi kandungan , serta manfaat dan hikmah dari Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dari video yang ada di Aplikasi (zoom,WA,GC, dll),
- Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami tentang makna , isi kandungan, serta manfaat dan hikmah dari Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
- Selanjutnya guru menunjuk beberapa Peserta didik untuk menyimpulkan makna, isi kandungan, serta manfaat dan hikmah dari Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
- Evaluasi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll).
Penutup
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, dan program pengayaan
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Do’a
3. Penilaan
- Sikap
- Pengetahuan
- Keterampilan
Silahkan Download Disini