RPP 1 Lembar PAI Kelas XII

RPP 1 Lembar PAI Kelas XII dengan Materi Berpikir Kritis dan Bersikap Demokratis yang diterapkan pada pembelajaran Era Covid 19 


https://lenteraboemi.blogspot.com/



1. Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll)  peserta didik  diharapkan  membaca al-Qur’an sebagai pengamalan serta meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll),  peserta didik  diharapkan bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran (3): 190-191 dan 159, serta Hadis terkait. 
  3. Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll),  peserta didik  dapat menyimpulkan makharijul huruf, makna , isi kandungan , manfaat berpikir kritis dan cara berperilaku berpikir kritis dan demokratis sesuai  Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis terkait
  4. Setelah menyiapkan Materi,  peserta didik akan Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf dengan percaya diri

2. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

  • Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru memotivasi peserta didik untuk semangat untuk belajar
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
  • Guru menyampaikan materi yang akan dijelaskan

Inti

Pertemuan 1

  • Peserta didik menyimak materi tajwid dan bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
  • Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami tentang hukum bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
  • Guru menunjuk beberapa Peserta didik untuk menyimpulkan  hukum bacaan serta membaca kembali Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159  sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf
  • Selanjutnya guru menugaskan peserta didik untuk membaca bacaan salah satu Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf  melalui (zoom,WA,GC, dll) kemudian hasilnya di kirimkan ke Aplikasi (zoom,WA,GC, dll),  .

Pertemuan 2 dan 3

  • Peserta didik mencermati materi makna , isi kandungan , serta manfaat dan hikmah  dari Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis dari  video yang ada di Aplikasi (zoom,WA,GC, dll),  
  • Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami tentang makna , isi kandungan, serta manfaat dan hikmah  dari Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
  • Selanjutnya guru menunjuk beberapa Peserta didik untuk menyimpulkan makna, isi kandungan, serta manfaat dan hikmah  dari Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
  • Evaluasi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll). 

Penutup

  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru merencanakan  kegiatan  tindak  lanjut  dalam  bentuk  pembelajaran remedi, dan program  pengayaan
  • Guru menyampaikan  rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Do’a

3. Penilaan 

  1. Sikap
  2. Pengetahuan 
  3. Keterampilan


Silahkan Download Disini


LihatTutupKomentar