RPP Prakarya Kelas VII Semester Genap

Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan (RPP)  Prakarya Kelas VII Semester Genap

https://lenteraboemi.blogspot.com/



1. KOMPETENSI DASAR

Kompetensi Dasar

3.3 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran

4.3 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan

potensi daerah setempat


Indikator

3.3.1 Menjelaskan Jenis Bahan Limbah Lunak

3.3.2 Menjelaskan sifat Limbah Lunak

3.3.3 Menjelasan karakteristik limbah lunak

4.3.1 Menentukan jenis bahan dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan             potensi daerah setempat

4.3.2 Melakukan pemilihan  jenis bahan dan teknik pengolahan Kerajinan berbasis media campuran                 (batu, logam, plastik, kayu , kramik)   

4.3.3 Menampilkan/mempresentasikan hasil pemilihan bahan dan Teknik pengolahan Kerajinan Berbasis Media Campuran (Batu, logam, plastik ,kayu , kramik)


2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama :

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning, peserta didik kelas VII mampu:

  • Menjelaskan Pengertian jenis bahan, teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran dengan benar
  • Menjelaskan sifat sifat dari limbah lunak
  • Menjelaskan karakteristik limbah lunak
  • Membuat kliping jenis bahan limbah lunak dengan rincian sifat bahannya secara kreatif 

3. MATERI PEMBELAJARAN

  • Pengertian bahan dan jenis limbah lunak
  • Sifat bahan limbah lunak
  • Karakteristik limbah lunak
  • Pembuatan kliping

4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN ( x menit)
  • Guru mengucapkan salam, berdoa dan menanyakan kondisi peserta didik dan memberikan semangat belajar di masa pandemi corona serta mengecek kehadiran melalui pembelajaran online
  • Guru menyampaikan apersepsi melalui voice note di group wa
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui voice note di group wa
INTI

Sintak

  1. Stimulation (Pemberian rangsangan)
  2. Problem Statemen (Pernyataan/Identifikasi masalah)
  3. Data Collecting (Pengumpulan data)
  4. Data Processing (Pengolahan data)
  5. Verification  (Pembuktian)

Guru

  1. Guru mengarahkan peserta didik untuk online (grup WA, email atau video grup) untuk melihat power point tentang limbah bahan lunak 
  2. Guru membimbing peserta didik untuk mencermati modul pembelajaran secara mandiri
  3. Guru mengarahkan identifikasi masalah pada pengertian bahan limbah lunak, jenis bahan dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran dengan benar 
  4. Guru mengarahkan peserta didik mengumpulkan data untuk menjawab permasalahan yang telah disampaikan dengan melihat materi pada modul, searching, bertanya pada ortu, dll 
  5. Guru memberikan tugas untuk menjawab pertanyaan dengan mengisi link google form 
  6. Guru memberikan tugas mencari gambar bahan limbah lunak 
  7. Guru membimbing peserta didik untuk mengumpulkan hasil kerja/ tugasnya pada group wa dan google classroom 


Murid

  1. Peserta didik melihat power point tentang kerajinan bahan limbah lunak 
  2. Peserta didik menyatakan pendapat materi kerajinan bahan limbah lunak tersebut melalui chat wa dan media lainnya 
  3. Peserta didik mencermati modul pembelajaran sesuai petunjuk kegiatan dan menyampaikan hipotesis (dugaan sementara) untuk mengisi modul secara mandiri 
  4. Peserta didik menyampaikan 3 identifikasi masalah sesuai arahan guru 
  5. Peserta didik mengumpulkan data untuk menjawab permasalahan yang telah disampaikan sesuai arahan guru 
  6. Peserta didik mengolah informasi dan menjawab pertanyaan dengan mengisi link google form 
  7. Peserta didik membuat kliping tentang bahan limbah lunak 
  8. Peserta didik menyampaikan hasil kerja tugasnya melalui wa dan media lainnya 
  9. Peserta didik lain memberikan pertanyaan pada jawaban yang kurang jelas dan memberikan tanggapannya melalui  wa dan media lainnya 


KESIMPULAN

Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran


PENUTUP ( Menit )

  • Guru memberikan umpan balik mengenai hal hal yang belum dipahami selama pembelajaran melalui chat wa dan media lainnya
  • Guru bersama peserta didik menyampaikan manfaat yang diperoleh dari pembelajaran dan menuliskannya pada modul
  • Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
  • Guru menutup pembelajaran dengan salam dan doa

5. BAHAN DAN ALAT

Bahan - Gambar power point tentang Kerajinan berbasis media campuran ( logam, batu  atau plastik )

Alat - Teknik pengolahan kerajinan Kerajinan berbasis media campuran ( logam, batu dan atau plastik )

6. PENILAIAN PEMBELAJARAN


Silahkan Download disini 

LihatTutupKomentar