RPP 1 Lembar IPA Kelas VII dengan Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar, yang diterapkan pada pembelajaran Daring era Covid 19
1. Tujuan Pembelajaran
- Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll) peserta didik diharapkan memahami gerak pada makhluk hidup, sistem gerak dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
- Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll), peserta didik memahami gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdadsarkan Hukum Newton dan penerapannya pada gerak beda dan gerak makhluk hidup.
- Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll), peserta didik dapat menyajikan karya tentang berbagai ganguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
- Setelah memahami Materi, peserta didik dapat menyajikan hasil penyelidikan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda
2. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
- Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru memotivasi peserta didik untuk semangat untuk belajar
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
- Guru menyampaikan materi yang akan dijelaskan
Inti
Pertemuan 1
- Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihay, mengamati, membaca, mendengar dan menuliskan kembali materi Konsep Gerak (Gerak Lurus, Gaya) melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
- Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami dimulai dari pertayaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik mengenai materi Konsep Gerak (Gerak Lurus, gaya) melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
- Guru menunjuk beberapa Peserta didik untuk mengumpulkan informasi kemudian melalui aplikasi (zoom,WA,GC, dll), peserta didik mempresentasikan ulang dan saling bertukar informasi mengenai Konsep Gerak (Gerak Lurus , Gaya)
- Selanjutnya guru menugaskan peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari dan diberi kesempatan untu menanyakan hal-hal yang belum difahami melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
Pertemuan 2
- Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihay, mengamati, membaca, mendengar dan menuliskan kembali materi Konsep Gerak (Hukum Newton I dan II) melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
- Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami dimulai dari pertayaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik mengenai materi Konsep Gerak (Hukum Newton I dan II) melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
- Guru menunjuk beberapa Peserta didik untuk mengumpulkan informasi kemudian melalui aplikasi (zoom,WA,GC, dll), peserta didik mempresentasikan ulang dan saling bertukar informasi mengenai Konsep Gerak (Hukum Newton I dan II)
- Selanjutnya guru menugaskan peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari dan diberi kesempatan untu menanyakan hal-hal yang belum difahami melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
Penutup
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, dan program pengayaan
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Do’a
3. Penilaan
- Sikap
- Pengetahuan
- Keterampilan
Silahkan Download Disini