RPP 1 Lembar IPA Kelas VIII

RPP 1 Lembar IPA  Kelas VII dengan Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar, yang diterapkan pada pembelajaran Daring era Covid 19 

http://lenteraboemi.blogspot.com/


1. Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll)  peserta didik  diharapkan  memahami gerak pada makhluk hidup, sistem gerak dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
  2. Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll),  peserta didik  memahami gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdadsarkan Hukum Newton dan penerapannya pada gerak beda dan gerak makhluk hidup.
  3. Setelah menyimak dan mempelajari materi melalui Aplikasi (zoom,WA,GC,dll),  peserta didik  dapat menyajikan karya tentang berbagai ganguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
  4. Setelah memahami Materi,  peserta didik dapat menyajikan hasil penyelidikan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda 

2. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

  • Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru memotivasi peserta didik untuk semangat untuk belajar
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
  • Guru menyampaikan  materi yang akan dijelaskan

Inti

Pertemuan 1

  • Peserta didik  diberi motivasi dan panduan untuk melihay, mengamati, membaca, mendengar dan menuliskan kembali materi Konsep Gerak (Gerak Lurus, Gaya) melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
  • Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami dimulai dari pertayaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik mengenai materi Konsep Gerak (Gerak Lurus, gaya) melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
  • Guru menunjuk beberapa Peserta didik untuk mengumpulkan informasi kemudian melalui aplikasi (zoom,WA,GC, dll), peserta didik mempresentasikan ulang dan saling bertukar informasi mengenai Konsep Gerak (Gerak Lurus , Gaya)
  • Selanjutnya guru menugaskan peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari dan diberi kesempatan untu menanyakan hal-hal yang belum difahami melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll) 

Pertemuan 2 

  • Peserta didik  diberi motivasi dan panduan untuk melihay, mengamati, membaca, mendengar dan menuliskan kembali materi Konsep Gerak (Hukum Newton I dan II) melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
  • Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami dimulai dari pertayaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik mengenai materi Konsep Gerak (Hukum Newton I dan II) melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)
  • Guru menunjuk beberapa Peserta didik untuk mengumpulkan informasi kemudian melalui aplikasi (zoom,WA,GC, dll), peserta didik mempresentasikan ulang dan saling bertukar informasi mengenai Konsep Gerak (Hukum Newton I dan II)
  • Selanjutnya guru menugaskan peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari dan diberi kesempatan untu menanyakan hal-hal yang belum difahami melalui Aplikasi (zoom,WA,GC, dll)

Penutup

  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru merencanakan  kegiatan  tindak  lanjut  dalam  bentuk  pembelajaran remedi, dan program  pengayaan
  • Guru menyampaikan  rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Do’a

3. Penilaan 

  1. Sikap
  2. Pengetahuan 
  3. Keterampilan




Silahkan Download Disini



LihatTutupKomentar